Sabtu, 11 Juni 2016

PERTEMUAN 7.1. BANTALAN DAN ELEMEN TRANSMISI

A.                       Pengertian Bearing / Bantalan
Bearing atau bantalan merupakan suatu elemen mesin yang digunakan untuk menahan poros berbeban, beban tersebut dapat berupa beban aksial atau beban radial. Tipe bearing yang digunakan untuk bantalan disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya.Bearing atau bantalan berfungsi untuk menumpu atau memikul poros agar poros dapat berputar padanya.Bantalan harus kokoh untuk memungkinkan poros atau elemen mesin lainnya dapat bekerja dengan baik. Jika bantalan tidak bekerja dengan baik, maka prestasi kerja seluruh sistem akan menurun atau tidak dapat bekerja semestinya. Jadi, jika disamakan pada gedung, maka bantalan dalam permesinan dapat disamakan dengan pondasi pada suatu gedung.

B.                       Prinsip Kerja Bantalan / Bearing
Apabila ada dua buah logam yang bersinggungan satu dengan lainnya saling bergeseran maka akan timbul gesekan , panas dan keausan . Untuk itu pada kedua benda diberi suatu lapisan yang dapat mengurangi gesekan , panas dan keausan serta untuk memperbaiki kinerjanya ditambahkan pelumasan sehingga kontak langsung antara dua benda tersebut dapat dihindarai.

C.                       Jenis jenis Bearing / Bantalan
1.  Berdasarkan Gerakan Bantalan Terhadap Poros
Ø      Bantalan Luncur
Bantalan luncur adalah suatu elemen mesin yang berfungsi untuk menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung dengan halus dan aman. Jenis bantalan ini mampu menumpu poros dengan beban besar. Atas dasar arah beban terhadap poros maka bantalan luncur dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a)  Bantalan Radial atau disebut jurnal bearing, dimana arah beban yang  ditumpu bantalan adalah tegak lurus terhadap sumbu poros.
b) Bantalan aksial atau disebut trust bearing, yaitu arah beban yang ditumpu bantalan adalah sejajar dengan sumbu poros.
c)  Bantalan luncur khusus adalah kombinasi dari bantalan radial dan bantalan aksial.
Karena gesekannya yang besar pada saat mulai jalan, maka bantalan luncur memerlukan momen awal yang besar. Pelumasan pada bantalan ini tidak begitu sederhana, karena gesekan yang besar akan menimbulkan panas pada bantalan, sehingga memerlukan pendinginan khusus.
Arah pelumasan ada dua, yaitu:
a)  Radial, yaitu arah pelumasan yang tegak lurus dengan sumbu poros.
b) Aksial, yaitu arah pelumasan yang sejajar dengan sumbu poros.
Gesekan kental pada umumnya terjadi antara poros dengan bantalannya. Pada waktu poros berputar, sebagian minyak pelumas yang melekat pada permukaan poros ikut terbawa berputar. Apabila kemudian celah di bawah poros menyempit menjadi lebih kecil daripada celah tempat minyak pelumas memasuki ruang bantalan, minyak pelumas yang terbawa berputar itu akan mengalir mengisi hambatan. Akibatnya, sebagian minyak pelumas akan mengalir kembali menimbulkan tekanan hidrodinamik di dalam lapisan minyak. Tekanan ini cukup kuat untuk mengangkat poros hingga menyentuh permukaan bantalan.
Cara-cara pelumasan pada bantalan luncur :
a)  Pelumasan tangan
Cara ini sesuai untuk beban ringan, kecepatan rendah atau kerja yang tidak terus-menerus. Kekurangannya bahwa aliran pelumas tidak selalu tetap atau pelumasan menjadi tidak teratur.
b) Pelumasan tetes
Dari sebuah wadah, minyak diteteskan dalam jumlah yang tetap dan teratur melalui sebuah katup jarum.
c)  Pelumasan sumbu
Cara ini menggunakan sumbu yang dicelupkan dalam mangkok minyak sehingga minyak terisap oleh sumbu tersebut. Pelumasan ini dipakai seperti dalam hal pelumasan tetes.
d) Pelumasan percik
Dari suatu bak penampung, minyak dipercikkan. Cara ini dipergunakan untuk melumasi torak dan silinder motor bakar torak yang berputaran tinggi.
e)  Pelumasan cincin
Pelumasan ini menggunakan cincin yang digantungkan pada poros sehingga akan berputar bersamaan dengan poros sambil mengangkat minyak dari bawah.
f)  Pelumasan pompa
Di sini pompa digunakan untuk mengalirkan minyak ke dalam bantalan. Pelumasan pompa sesuai untuk keadaan kerja dengan kecepatan tinggi dan besar.
g) Pelumasan gravitasi
Dari sebuah tangki yang diletakkan di atas bantalan, minyak dialirkan oleh gaya beratnya. Cari ini dipakai untuk kecepatan sedang dan tinggi pada kecepatan keliling sebesar 10 – 15.
h) Pelumasan celup
Sebagian dari bantalan dicelupkan ke dalam minyak pelumas.
Ø      Bantalan Gelinding
Pada bantalan ini terjadi gesekan gelinding antara bagian  yang berputar dengan yang diam melalui elemen gelinding seperti bola (peluru), rol atau rol jarum dan rol bulat.Bantalan gelinding menggunakan elemen rolling untuk mengatasi gesekan antara dua komponen yang bergerak. Diantara kedua permukaan ditempatkan elemen gelinding seperti misalnya bola, rol, taper, dll. Kontak gelinding terjadi antara elemen ini dengan komponen lain yang berarti pada permukaan kontak tidak ada gerakan relatif.
http://4.bp.blogspot.com/-P8_se3hLpEc/UYsTybO_H_I/AAAAAAAAACU/2ghUnaFhix8/s200/7.pnghttp://1.bp.blogspot.com/-VCJ9RCovGNg/UYsUNMx60cI/AAAAAAAAACY/Q4FODwfRsTk/s200/6.png


Bantalan gelinding mempunyai keuntungan dari gesekan gelinding yang sangat kecil dibandingkan dengan bantalan luncur. Elemen gelinding seperti bola atau rol dipasang antara cincin luar dan dalam. Dengan memutar salah satu cincin tersebut, bola atau rol akanmelakukan gerakan gelinding sehingga gesekan akan jauh lebih kecil. Untuk bola atau rol, ketelitian tinggi dengan bentuk dan ukurannya merupakan suatu keharusan. Karena luas bidang kontak antara bola dan rol dengan cincin sangat kecil, maka besarnya beban yang dipakai harus memiliki ketahanan dan kekerasan yang sangat tinggi.
Jenis jenis bantalan gelinding :
a)  Single row groove ball bearings
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRAQS3ZJa1LJMWpsUjVNwzbB9OhcAAOtW4U9BYCnpek2jtIMrh8OSW_YdSjg7HF8oLeHYyGWzv44feruKopq5lfoOCQ5RXeUbn4UAwB4xtaGFEo_9BHI6NW5qRT2JzEbBHv6P-CGE2tuU/s200/Single-Row_Deep_Groove_Ball_Bearing.jpgBearing ini mempunyai alur dalam pada kedua cincinnya. Karena memiliki alur, maka jenis ini mempunyai kapasitas dapat menahan beban secara ideal pada arah radial dan aksial. Maksud dari beban radial adalah beban yang tegak lurus terhadap sumbu poros, sedangkan beban aksial adalah beban yang searah sumbu poros.





b) Double row self aligning ball bearings
Jenis ini mempunyai dua baris bola, masing-masing baris mempunyai alur sendiri-sendiri pada cincin bagian dalamnya. Pada umumnya terdapat alur bola pada cincin luarnya. Cincin bagian dalamnya mampu bergerak sendiri untuk menyesuaikan posisinya. Inilah kelebihan dari jenis ini, yaitu dapat mengatasi masalah poros yang kurang sebaris.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRES7x_O8I89Wx2AfDUL1jJnVUMO74VsCWGbCyh_OQPloa_oGgThqwfIr2Z3Gubu8x959SmD6q6qZdwwcDVhOGbxXvyyrXQMBA1lsF8aimIqXQYPPXTF9w_JaqT0TdCIueXPs3kCnyraw/s200/Double-Row-Self-Aligning-Ball-Bearings-Iron-Cage.jpg




c)  Single row angular contact ball bearings
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJVpoCCAppvjMsC25KtODBlVKtE5W7dv0cYuOB61dW6utoyc_6jVdyphr_5eCKHiY_iCO69FUn7JH3sQxYJEoER74y2brdP7wgVlILcvLo0FgEEx-eDU-UW_nMRunjgqDfVeaNMJOS2dw/s200/1522021.jpgBerdasarkan konstruksinya, jenis ini ideal untuk beban radial. Bearing ini biasanya dipasangkan dengan bearing lain, baik itu dipasang secara pararel maupun bertolak belakang, sehingga mampu juga untuk menahan beban aksial.




   

d) Double row angular contact ball bearings
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2FWYpdLGELpugGucybT1iSx5rJ6EqEqEGeW21Ey9yY9keAUhK3ZHtawDqONhA8q2JmdaLxDVGoqYKlHPVF414PA-gwvJWj4ZNMhkweuW5A6iy9iY7U1kyZ1_wf7uU79OvE73ZBh_0oZc/s200/Double_Row_Angular_Contact_Ball_Bearing.jpgDisamping dapat menahan beban radial, jenis ini jgua dapat menahan beban aksial dalam dua arah. Karena konstruksinya juga, jenis ini dapat menahan beban torsi. Jenis ini juga digunakan untuk mengganti dua buah bearing jika ruangan yang tersedia tidak mencukupi.





e)  Double row barrel roller bearings
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDYxyzAhFuDMEmflUcAUReaZxV0RNHn-watErt-EpjzLpgzWEF18q7APv-SODcYHJK8sPPfccTQptKh5f8ceof4JsQlMTURFkMVC_-mxJQxJDiTFeH37t59u4TRf5Qs_ITGEWEEbKQWAo/s200/spherical-roller-bearing-54695.jpgBearing ini mempunyai dua baris elemen roller yang pada umumnya mempunyai alur berbentuk bola pada cincin luarnya. Jenis ini memiliki kapasitas beban radial yang besar sehingga ideal untuk menahan beban kejut.


f)  Single row cylindrical bearings
Jenis ini mempunyai dua alur pada satu cincin yang biasanya terpisah. Eek dari pemisahan ini, cincin dapat bergerak aksial dengan mengikuti cincin yang lain. Hal ini merupakan suatu keuntungan, karena apabila bearing harus mengalami perubahan bentuk karena temperatur, maka cincinya akan dengan mudah menyesuaikan posisinya. Jenis ini mempunyai kapasitas beban radial yang besar pula dan juga cocok untuk kecepatan tinggi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeWHQBm8GTFH0BOCuNHWgGNVReq1I3_RaNxc9QCHY2XRWasY3BdnfNvCOGC5IGDhb_yN2i9t-xYWTnaS2EokS3hyphenhyphengQ3A-D_iI6nfD0jmg533i4UPdHBDV9g4i6vFOZgrn9-5piI2SQSfo/s1600/20108217158641.jpg

g) Tapered roller bearings
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy6Ao4TiRzigasZkWcGm5YZ7Kl6FWTaU1MRpuUKZkWDcQP7cG3k1evfBzFnaiRr9RVPvWonH9SdMaIi2smone0VP9P_TQRsL0yBmoMtqIhPgCsPoNgad8gyKKTJ06hvZbzB0LbSxISs8M/s200/Taper-Roller-Bearing.jpgDilihat dari konstriksinya, jenis ini ideal untuk beban aksial maupun radial. Jenis ini dapat dipisah, dimana cincin dalamnya dipasang bersama dengan rollernya dan cincin luarnya terpisah.








h) Single direction thrust ball bearings
Bearing jenis ini hanya cocok untuk menahan beban aksila dalam satu arah saja. Elemenya dapat dipisahkan sehingga mudah melakukan pemasangan. Beban aksial minimum yang dapat ditahan tergantung dari kecepatannya. Jenis ini sangat sensitif terhadap ketidaksebarisan (misalignment) poros terhadap rumahnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-jQ9BpjwD0_9r31riTZ4fPtmZw5VHYJiL5Fy-MtrlHXEDDKdW0p84HFpV9Na9d9HUBY3MXpKzba5X2KD6LvbPknDGNOjAwzy67UEpWBFmVTZqpsxsBrcM-BsHdhFwHAMHKviQKnwbeNQ/s200/single-thrust-ball-bearing.jpg
i)   Double direction thrust ball bearings
Bearing jenis ini hanya cocok untuk menahan beban aksila dalam satu arah saja. Elemenya dapat dipisahkan sehingga mudah melakukan pemasangan. Beban aksial minimum yang dapat ditahan tergantung dari kecepatannya. Jenis ini sangat sensitif terhadap ketidaksebarisan (misalignment) poros terhadap rumahnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlhAlDurWDjXtPGAnv5pMBx5lFSEGpwzoxUrNDY5edCv4CT3yGiidlAhcdOaOCE4Sg-iwKCNH07Qspfbo_6oEezCQ63wtS23oGJft17dk4gg5BQzQs3CA4eAWgK6LIig_qnQPfeU3iph8/s1600/Thrust-Ball-Bearing_double-direction.gif
j)   Ball and socket bearings
Bearing jenis ini mempunyai alur dalam berbentuk bola, yang bisa membuat elemennya berdiri sendiri. Kapasitasnya sangat besar terhadap beban aksial. Selain itu juga dapat menahan beban radial secara simultan dan cocok untuk kecepatan yang tinggi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiec1xexyCpaySWSiOHyQcAkamGi1p2IXQsa5yuuEcTg6qxTlWTbUW-fPGB_hWYh0Wu3zsSVAM3RZZcjgWxiBtzYo6rBvl7YRYKo9o6f0nLdVxnqI7MNao26U7HluzxbTSQxHO4eyT7U0/s200/10.jpg


2.  Berdasarkan Arah Beban Terhadap Poros
Ø Bantalan Radial
Bantalan Radial atau disebut jurnal bearing, dimana arah beban yang ditumpu bantalan adalah tegak lurus terhadap sumbu poros.Bantalan ini untuk mendukung gaya radial dari batang torak saat berputar. Konstruksinya terbagi / terbelah menjadi dua agar dapat dipasang pada poros engkol.
Ø Bantalan Aksial
Bantalan aksial atau disebut trust bearing, yaitu arah beban yang ditumpu bantalan adalah sejajar dengan sumbu poros.Bantalan ini menghantarkan poros engkol menerima gaya aksial yaitu terutama pada saat terjadi melepas / menghubungkan plat kopling saat mobil berjalan. Konstruksi bantalan ini juga terbelah / terbagi menjadi dua dan dipasang pada poros jurnal bagian paling tengah.


D.                       Penyebab-penyebab Kerusakan pada Bantalan / Bearing
a)  Kesalahan bahan 
-     faktor produsen: yaitu retaknya bantalan setelah produksi baik retak halus maupun berat, kesalahan toleransi, kesalahan celah bantalan.
-     faktor konsumen: yaitu kurangnya pengetahuan tentang karakteristik pada bearing.
b) Penggunaan bearing melewati batas waktu penggunaannya (tidak sesuai dengan    petunjuk buku fabrikasi pembuatan bearing).
c)  Pemilihan jenis bearing dan pelumasannya yang tidak sesuai dengan buku petunjuk dan keadaan lapangan (real).
d) Pemasangan bearing pada poros yang tidak hati-hati dan tidak sesuai standart yang ditentukan.Kesalahan pada saat pemasangan, diantaranya:
-     Pemasangan yang terlalu longgar, akibatnya cincin dalam atau cincin luar yang berputar yang menimbulkan gesekan dengan housing/poros.
-     Pemasangan yang terlalu erat, akibatnya ventilasi atau celah yang kurang sehingga pada saat berputar suhu bantalan akan cepat meningkat dan terjadi konsentrasi tegangan yang lebih.
-     Terjadi pembenjolan pada jalur jalan atau pada roll sehingga bantalan saat berputar akan tersendat-sendat.
e)  Terjadi misalignment, dimana kedudukan poros pompa dan penggeraknya tidak lurus, bearing akan mengalami vibrasi tinggi. Pemasangan yang tidak sejajar tersebut akan menimbulkan guncangan pada saat berputar yang dapat merusak bearing. Kemiringan dalam pemasangan bearing juga menjadi faktor kerusakan bearing, karena bearing tidak menumpu poros dengan tidak baik, sehingga timbul getaran yang dapat merusak komponen tersebut.
f)  Karena terjadi unbalance (tidak imbang), seperti pada impeller, dimana bagian-bagian pada impeller tersebut tidak balance (salah satu titik bagian impeller memiliki berat yang tidak seimbang). Sehingga ketika berputar, mengakibatkan putaran mengalami perubahan gaya disalah satu titik putaran (lebih terasa ketika putaran tinggi), sehingga berpengaruh pula pada putaran bearing pada poros. Unbalance bisa terjadi pula pada poros, dan pengaruhnya pun sama, yaitu bisa membuat vibrasi yang tinggi dan merusak komponen.
g) Bearing kurang minyak pelumasan, karena bocor atau minyak pelumas terkontaminasi benda asing dari bocoran seal gland yang mempengaruhi daya pelumasan pada minyak tersebut.


E.                       Cara Mengatasi Kerusakan pada Bantalan / Bearing
a)  Melakukan penggantian bearing sesuai umur waktu kerja yang telah ditentukan.
b) Mengganti bearing yang sesuai dengan klasifikasi kerja pompa tersebut.
c)  Melakukan pemasangan bearing dengan hati-hati sesuai standar yang telah ditentukan.
d) Melakukan alignment pada poros pompa dan penggeraknya.
e)  Melakukan tes balancing pada poros dan impeller.
f)  Memasang deflektor pada poros dan pemasangan rubber seal pada rumah bantalan dan perbaikan pada seal gland, untuk mengantisipasi kebocoran.

Tidak ada komentar: